Menghubungkan Router Wireless ke Modem dan Komputer


Membuat share internet di rumah dengan menggunakan kabel, memang repot, dimana rumah tidak di disain untuk jaringan kabel sehingga rumah kelihatan tidak rapi. Solusi untuk share internet adalah dengan jaringan nirkabel. Dengan menggunakan kabel Ethernet, modem, router dan komputer nirkabel, menciptakan jaringan nirkabel yang sederhana.

Menggunakan router nirkabel tampaknya sangat rumit, tetapi sebenarnya sangat sederhana. Sekarang wireless router dikemas sudah termasuk ; router, kabel Ethernet, kabel USB dan sebuah disk instalasi. Selain adaptor jaringan nirkabel, yang dibuat untuk komputer yang paling baru, Anda perlu mengaktifkan jaringan Ethernet berbasis standar menjadi tempat Wi-Fi hospot.

Menentukanletak router nirkabel.

Lokasi adalah hal pertama yang perlu dipertimbangkan ketika menginstal router nirkabel. Memilih lokasi sentral yang baik sangat penting untuk memastikan penerimaan sinyal yang kuat oleh semua perangkat pada jaringan. Lokasi yang baik untuk router nirkabel biasanya di lantai tengah rumah, atau dapat dijangkau oleh komputer nirkabel lainnya.

Untuk instalasi awal router nirkabel anda perlu menghubungkan Router ke komputer. Caranya dengan menggunakan salah satu port Ethernet di bagian belakang router. Hampir semua komputer modern memiliki port Ethernet yang dapat digunakan untuk tujuan ini. Masukkan disk instalasi yang disertakan dengan router ke CD/DVD Room komputer dan jalankan program instalasi router.

Menginstall Software Untuk Router baru

Klik menu instalasi dari perangkat lunak untuk melakukan setting yang diinginkan. Pada tahap ini anda akan dimeminta memasukkan nama sandi dan jaringan, dan proses ini hanya memerlukan waktu beberapa menit. Wireless router dirancang dengan software instalasi yang mudah, termasuk bagian bantuan untuk memahami kesulitan.

Ada beberapa router tidak diberikan disk instalasi, atau komputer tidak memiliki CD/DVD Room, router dapat diatur tanpa harus menginstall software drive. Cukup dengan mengetik alamat IP dari router ke URL bar dari browser internet komputer. Untuk router baru (Biasanya bila anda membeli sebuah router anda akan mendapatkan IP default router serta username dan paswordnya di buku petunjuk) contohnya ketik IP 192.168.1.1 lalu tekan Enter, akan memunculkan jendela login Anda harus mengetikkan username dan kata sandi yang diberikan pabrik.

Pada umumnya standard router menggunakan username “admin” dan password “admin” atau “password.” Setelah login ke GUI router, atau Graphical User Interface, dengan metode di atas pengaturan dapat dimodifikasi. Mengganti password standard yang dapat membantu untuk mengamankan jaringan nirkabel. Cari opsi untuk mengubah ID Broadcast (jaringan) dan jenis keamanan. ID Broadcast adalah nama jaringan nirkabel, yang dapat diisi dengan kata apapun sesuai dengan keinginan anda. Jenis keamanan yang dapat diatur untuk WPA2 untuk jaringan aman standar yang memungkinkan untuk mensetting password menggunakan sampai 64 karakter.

Menghubungkan ke router nirkabel.

Setelah memilih lokasi untuk router nirkabel dan pengaturan untuk membuat jaringan nirkabel, hubungkan ke modem untuk memungkinkan lalu lintas masuk dari Internet. Port Ethernet akan memungkinkan untuk koneksi lebih cepat dari port USB, sebaiknya harus digunakan jika tidak ada alasan khusus mendiadakannya. Jangan hubungkan kabel Ethernet dan kabel USB ke modem pada saat yang sama, karena hal ini dapat merusak sirkuit internal modem.

Langkah terakhir dalam menghubungkan komputer ke router nirkabel

Biasanya Laptop sudah terdapat fasilitas Nirkabel, Tapi untuk PC desktop, harus menambahkan sebuah alat USB Wirelles agar dapat terhubung dengan Router.

Untuk menghububungkan wireles komputer dengan Router, gunakan fasilitas menu dari jaringan Windows, Caranya :

1. Klik 2x Icon Network Wireless pada icon tray di bagian bawah kanan komputer.

2. Akan muncul Jendela daftar hostpot dari router yang tertangkap oleh Wireless komputer

3. Klik, Nama Broadcast (hostpot), bila diminta masukkan pasword, masukkan pasword dari hostpot router tersebut.

4. Bila Kata sandi atau pasword yang diminta sesuai, maka secara otomatis komputer anda akan terhubung dengan Internet.

oleh Dunia Komputer

About duniasevenerskomputer

seorang pelajar seveners sejati !!!

Posted on September 26, 2011, in HOME, TIPS AND TRICK SEPUTAR DUNIA KOMPUTER. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: